Home » » Obat Asam Urat Secara Alami

Obat Asam Urat Secara Alami

Berbagai penyakit bisa timbul akibat gaya hidup masa kini salah satunya adalah asam urat. Apa itu asam urat? Pernahkah kamu secara tiba-tiba merasakan sakit pada bagian sendi tertuma pada sendi jempol kaki yang bersamaan itu timbul bengkak kemerahan? Ya, itu merupakan penyakit asam urat yang juga sering disebut dengan penyakit gout arthritis atau pirai. Sekarang ini asam urat tidak hanya menyerang orang yang usianya sudah lanjut, orang yang usianya baru 30-an tahun pun sering menderita asam urat.

Obat asam urat alami

Cara mengobati asam urat ada beberapa cara, salah satunya dengan bantuan obat tradisional. Berikut adalah beberapa obat alami asam urat:
1. Jahe
Obat alami asam urat yang pertama adalah jahe, tumbuhan rimpang yang sangat kaya khasiatnya bagi kesehatan. Cara membuat ramuan tradisinal asam urat dar jahe yaitu dengan ambil jahe yang telah dibersihkan sebanyak 2 ibu jari. Jahe tersebut lalu dipotong-potong dan juga dilebamkan. Rebus jahe yang sudah diremukkan tersebut dengan menggunakan air 1 gelas dan juga bisa menambahkan sedikit gula ataupun madu murni jika ada. Setelah matang minum wedang jahe tersebut. Ramuan jahe ini diminum secara teratur untuk menyembuhkan asam urat dari dalam
2. Cengkeh
Jangan anggap cengkeh hanya sebagai ramuan dalam membuat rokok saja. Cengkeh sangat kaya khasiatnya bagi kesehatan terutama sebagai obat alami asam urat. Untuk membuat obat traidiona asam urat caranya cukup mudah tumbukuk cengkeh yang juga dicampur dengan jahe, takarannya 1 sama. Ramuan obat ini hanya dapat digunakan untuk bagian luar. Oleskanlah ramuan cengkeh dan jahe pada bagian kulit yang terkena asam urat.
3. Akar pepaya gantung
Tumbuhan herbal ini memang sering dikaitkan dengan penyakit rematik dan asam urat. cara membuat ramuan obat alami asam urat dari akar pepaya cukup dengan menyediakan 5 potong akar pepaya. Lalu cuci hingga bersih, untuk ukurannya yaitu sekitar jari. Setelah itu, potong kecil-kecil dan tambahkan 3 sendok makan lengkuas yang sudah dihaluskan. Rebus bahan-bahan tersebut dengan menggunakan 4 gelas air, tunggu sampai mendidih dan kira-kira hanya menyisakan sekitar 3 gelas. Tambahkan gula aren untuk memperbaiki rasa ramuan. Minum sehari 3 kali dan dalam sekali minum yaitu sekitar setengah gelas.
4. Kulit manggis
Sekarang tidak hanya buah manggis yang banyak dicari orang tetapi juga kulitnya. Namun perlu juga kamu ketahui kulit manggis juga dapat mengobati asam urat secara tradisional. Caranya ambil kulit manggis, diiris tipis dan jemur hingga kering. Setelah itu, masukkan kedalam gelas dan seduh dengan menggunakan air panas. Tunggu sampai air berubah warna, lalu minum sarngan air tersebut setiap hari.
5. Kumis Kucing dan Meniran
Obat alami asam urat yang terakhir adalah kumis kucing dan meniran. Kedua tumbuhan ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit asam urat. Diantaranya adalah kalium, damar, tanin, filatin, hipofilatin dan flavonoid. Bukan hanya itu saja, kumis kucing juga mengandung senyawa osthosiphonin glikosida yang berkhasiat dalam menurunkan kelebihan asam urat di tubuh. Adapun cara membuat ramuannya adalah cukup dengan menyiapkan 5 lembar daun kumis kucing dan 5 ranting kecil meniran. Rebus dengan tiga gelas air hingga menyisakan setengahnya. Minum ramuan ini sehari dua kali.
Penyebab asam urat adalah karena tubuh memiliki kadar purin yang berlebihan. Jadi menyembuhkan asam urat adalah dengan cara menguranginya hingga batas normal dan mempertahankannya jumlah normal tersebut. Dengan bantuan 5 obat alami asam urat di atas kadar purin pada tubuh Anda akan menjadi normal.

0 komentar:

Posting Komentar

Random Post

Popular Post