Home » » Obat Jantung Lemah dan Gejala Jantung Lemah

Obat Jantung Lemah dan Gejala Jantung Lemah

Obat Jantung Lemah dan Gejala Jantung Lemah


Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh yang berupa otot, berongga, berbentuk kerucut serta biasanya basisnya diatas dan puncaknya diabagian bawah. Agar jantung berfungsi dengan baik sebagai pemompa yang efisien, otot-otot jantung dan rongga atas maupun bawah harus berkontraksi bergantian. Kerja pompa atau laju denyut-denyut jantung dikendalikan secara alami oleh suatu pengatur irama. Seseorang yang menderita penyakit jantung lemah terjadi ketika kemampuan jantung tidak berfungsi dengan normal atau kemampuan jantung menurun. Kemampuan otot jantung tergantung dengan tekanan darah kita. Apabila tekanan darah kita tinggi maka kerja otot pun akan semakin besar. Saat kekuatan otot jantung semakin lemah hal ini akan sulit diatasi, karena otot jantung memiliki karakteristik otot yang berbeda tidak seperti denga otot tubuh lainnya.
Beberapa jenis tanaman obat jantung lemah tradisional :
1. Bahan
– Kunyit
– 2-3 butir kuning telur ayam kampung
– 2 sendok makan madu
Cara
Parut kunyit kemudian peras dan ambil airnya saja, kemudian perasan parutan kunyit dimasukkan kedalam gelas. Tambahkan kuning telur ayam kampung dan 2 sendok makan madu kemudian kocok. Minum 1 kli sehari setiap pagi.
2. Bahan
Bawang putih
Cara
Konsumsilah 1 siung bawang putih setiap malam dengan cara ditelan. Ukuran bawang putih kira-kira sebesar kapsul. Selain itu minumlah 2 gelas air putih setiap bangun tidur di pagi hari.
3. Bahan
Buah takokak
Cara
Konsumsilah buah takokak 1-2 kali sehari dengan cara dimakan atau sebagai lalapan saat makan.
Seseorang yang mengidap jantung lemah biasanya menunjukkan gejala jantung lemah antara lain:
Sesak napas
Saat fungsi jantung mulai melemah, darah kembali ke pembuluh darah yang memasok oksigen dari paru-paru ke jantung. Akibatnya, sistem pernapasan akan mudah terganggu. Gejala ini biasanya muncul ketika berolahraga atau melakukan aktivitas lainnya.
Kelelahan
Kemampuan jantung yang menurun aka membuat organ penting ini tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuan ke seluruh tubuh. Akibatnya darah dialihkan dari bagian yang kurang penting dari bagian tubuh yaitu lengan dan kaki untuk memasok darah ke daerah yang lebih penting lagi seperti jantung dan otak. Sehingga orang yang menderita jantung lemah akan sering merasa kelelahan dan terutama pada bagian lengan dan kaki selain itu juga memiliki kesulitan untuk melakukan aktivitas normal seperti naik tangga, berjalan maupun membawa beban berat.
Batuk kronis
Penumpukkan cairan yang terjadi pada paru-paru dapat menyebabkan batuk dan sulit untuk disembuhkan. Biasanya paru-paru akan menghasilkan dahak atau lendir yang bercampur dengan darah.
Detak jantung cepat dan tidak berirama
Jantung mampu mempercepat denyut nadi untuk mengimbangi ketidakmampuannya dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Orang yang menderita jantung lemah akan merasakan detak jantung yang terkadang tidak teratur dan berdebar-debar.
Nafsu makan menurun
Saat sistem jantung dan pencernaan sudah bekerja keras, namun gagal untuk menerima suplai darah yang sehat, maka dapat menyebabkan rasa mual atau kenyang walaupun belum makan. Hal ini dapat menyebabkan berat badan cepat turun.
Gangguan pikiran
Penderita jantung lemah biaanya tidak menyadari ketika kadar tidak terkontrol oleh zat tertentu di dalam darah, seperti sodium serta berkurangnya aliran darah ke otak bisa mengganggu memori dan menyebabkan disorientasi.
Akumulasi dan pembengkakan
Ginjal dapat memproduksi hormon yang berlebih dan menyebabkan akumulasi garam dan air karena aliran darah ke ginjal terganggu. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian pergelangan tangan dan kaki.
Selain itu, ciri-ciri jantung lemah dapat dikurangi dengan cara :
– Berhenti merokok.
– Melakukan diet sehat.
– Rajin berolahraga ringan.
– Menjaga dan mengatur pola makan.
– Mengurangi konsumsi makanan yang berlemak dan berminyak.
Berbagai cara mengobati jantung lemah salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan tradisional seperti yang sudah dijelaskan tadi. Selain itu anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat dan memiliki pola makan yang sehat untuk menjaga kesehatan jantung anda maupun keluarga yang anda cintai. Semoga postingan ini bermafaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Random Post

Popular Post