Home » » Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Sirih merah atau Piper crocatum memiliki banyak manfaatnya. Selain menyembuhkan berbagai gangguan penyakit, sirih merah juga digunakan dalam acara-acara keraton dan digunakan para putri untuk menghaluskan kulit. Seiring dengan penelitian yang dilakukan terhadap sirih merah ini, ditemukan bahwa sirih merah mengandung flavonoid, polifenol, alkoloid, tanin, minyak atsirih, sapononin, allylprokatekol, karvokol, eugenol, p-cymene, cineole, coryofelen, kadimen, ekstragol, terpenana, dan propoda.

Senyawa flavoid dan polifenol sendiri berguna sebagai antioksidan, antiflamasi, dan antidiabetic. Sementara itu, senyawa alkaloid sangat baik untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kangker. Rebusan daun sirih merah yang diberikan pada tikus putih yang terkena diabetes juga ternyata mampu menurunkan kadar gulanya. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa sirih merah dapat digunakan sebagai pengontrol gula darah dalam tubuh penderita diabetes mellitus. Kandungan senyawa karvakol dalam sirih merah memiliki manfaat sebagai desinfektan dan antijamur, Sangat baik jika digunakan sebagai obat kumur dan obat keputihan.
Selain itu, kandungan senyawa eugenol dalam sirih merah berfungsi analgesic atau pereda nyeri. Kandungan senyawa tannin berfungsi sebagai penyembuh diare dan antiseptik pada luka. Meramu sirih merah dapat dilakukan oleh dua cara, dalam keadaan segar dan dikringkan. Sirih merah juga dapat digunakan sebagai ramuan tunggal maupun digambungkan dengan jenis herbal lain.

Manfaat Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Manfaat dan Kasiat Sirih Merah

Sirih merah adalah tumbuhan merambat yang ditanam orang karena khasiat pengobatan dan juga keindahan daunnya. Tumbuhan ini masih berkerabat dekat dengsn sirih maupun lada. Nama ilmiah tumbuhan asal Sulawesi ini adalah Piper crocatum, tumbuhan yang tidak dibudidayakan yang berasal dari benua Amerika. Dan sirih merah juga dapat digunakan sebagai obat diabetes militus, hepatitis, asam urat, batu ginjal, menurunkan kolestrol, mencegah stroke, keputihan, radang prostat, radang mata, maag, kelelahan, nyerisendi, dan memperhalus kulit

0 komentar:

Posting Komentar

Random Post

Popular Post