Home » » Merendam Kentang Kurangi Resiko Kanker

Merendam Kentang Kurangi Resiko Kanker

Merendam kentang usai mengupas dan memotong nya, ternyata memberi manfaat untuk kesehatan. Kebiasaan yang kerap dilakukan oleh para ibu itu disebut dapat membuang sebagian besar zat bernama akrilamida yang dihasilkan kentang bila dimasak.
Apa itu akrilamida? Ternyata zat tersebut sering muncul secara alami jika makanan yang mengandung zat pati diolah dengan pemanasan suhu tinggi. Sebuah studi yang diterbitkan olehJournal of Science Food and Agriculture, menuliskan fakta tersebut dalam edisi online nya.
Penelitian tersebut bersumber dari adanya kekhawatiran perihal akrilamida yang diduga memicu kanker pada hewan penelitian. Akan tetapi ilmuwan dan tim peneliti yang dipimpin Dr. Rachel Burch dari Leatherhead Food International menyatakan bahwa dengan kebiasaan membilas atau merendam kentang sebelum diolah bisa mengurangi jumlah pembentukan akrilamida.
Secara sederhana untuk skala rumahan, cara mudah menghilangkan produksi zat tersebut adalah dengan merendam, tambahnya. Dengan minimnya jumlah akrilamida yang dihasilkan oleh kentangsaat sedang dimasak, maka risiko kanker juga akan lebih rendah.
Paling tidak selama 30 menit kentang kupas direndam dengan air bersih, agar mampu menurunkan hingga 23 persen kadar akrilamida nya. Jika 2 jam perendaman, maka penurunan mencapai 48 persen.
Jadi kebiasaan merendam kentang tak hanya membuat tampilan kentang jadi bersih dan putih, namun juga bisa menurunkan risiko bahaya nya zat akrilamida.

0 komentar:

Posting Komentar

Random Post

Popular Post