Home » » Sering Kesepian Bisa Gangguan Jiwa

Sering Kesepian Bisa Gangguan Jiwa


Kesepian adalah hal yang tak menyenangkan dan bila terjadi dalam waktu lama maka dapat mengganggu kesehatan jiwa seseorang. Bagaimanapun, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk berkomunikasi, berbagi dan berkasih sayang.
Memang tidak mudah mendiagnosa masalah kesehatan jiwa, dan butuh pendapat ahli di bidang tersebut untuk melakukannya. Namun sebagai pengetahuan, berikut dilansir oleh laman yourtango tentang masalah gangguan kesehatan jiwa yang bisa dialami oleh seseorang yang sering kesepian:
Depresi
Depresi bisa terjadi saat seseorang tak memiliki tempat untuk berbagi cerita, berbagi masalah, dan lainnya yang sering dilakukan manusia pada umumnya. Umumnya depresi bisa dilihat dari munculnya rasa tak nyaman saat sedang sendiri.
Kecemasan sosial
Penderitanya akan merasa takut untuk meninggalkan rumah dan bersosialisasi dengan orang lain. Ia bisa saja merasa tak disukai atau tak cocok bergaul dengan orang lain. Ini terjadi karena terlalu lama hidup sendiri dan tidak nyaman saat ada di antara orang banyak.
Kecanduan
Saat seorang tidak bisa terhubung (connect) dengan orang lain, maka ia akan berusaha terhubung dengan apapun yang dijumpai, termasuk obat terlarang dan narkotika. Tak heran beberapa orang yang kesepian bisa melarikan diri dari rasa sepi dengan mencari obat tersebut, atau kecanduan melakukan hal lain.
Hobi menimbun (hoarding)
Pernah mendengar seseorang yang hobi menimbun sampah hingga rumahnya penuh dengan barang tak berguna tersebut? Itu masuk dalam jenis gangguan jiwa bernama Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Barang-barang itu digunakan untuk menutupi kekosongan dalam hatinya, dan makin banyak menumpuk akan menimbulkan rasa puas.

0 komentar:

Posting Komentar

Random Post

Popular Post