Home » » Cara Alami Memutihkan Kembali Kulit yang Terbakar

Cara Alami Memutihkan Kembali Kulit yang Terbakar



Aktivitas di luar ruangan kini sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang, dan tak memungkiri jika kulit Anda dapat terpapar dengan sinar matahari. Sinar matahari dapat memberikan efek buruk pada kulit, salah satunya adalah menyebabkan kulit terbakar atau kulit gosong. Untuk mengatasinya, cobalah ikuti 5 cara alami memutihkan kembali kulit yang terbakar berikut ini.
1. Kunyit
Selain menjadi bumbu dapur, kunyit juga dapat mengembalikan warna kulit Anda sehabis terbakar kena sinar matahari. Siapkan bubuk kunyit secukupnya dan 1/4 gelas susu murni. Campurkan kedua bahan hingga membentuk adonan pasta. Anda bisa menambah susu untuk mengencerkan atau bubuk kunyit untuk memadatkan. Jika sudah jadi, oleskan pada bagian yang terbakar sebagai scrub. Setelah terasa kering, gosok-gosok kulit dengan lembut, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lakukan hal ini setiap hari untuk hasil yang optimal.
2. Lemon
Buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini dapat memberikan efek sejuk pada kulit Anda. Caranya, siapkan mentimun, air perasan lemon dan air mawar secukupnya. Blender mentimun hingga halus, lalu campurkan dengan air perasan lemon dan air mawar. Aduk hingga rata, lalu balurkan pada bagian kulit yang terbakar. Biarkan hingga kurang lebih 15-20 menit, lalu bilas bersih. Lakukan perawatan ini selama 2 kali dalam sehari. Oh iya, Anda bisa menggunakan bahan olesan sebelumnya, namun hanya bisa bertahan dengan baik selama 2 hari saja. Selain dengan air mawar dan mentimun, Anda juga bisa mencampurkannya dengan madu untuk alternatif lainnya. Cukup campurkan 1 sdm madu dengan air perasan 1 buah lemon, lalu balurkan pada bagian yang terbakar, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas bersih. Lakukan perawatan ini minimal 2 kali sehari untuk hasil maksimal.
3. Minyak Zaitun
Minyak zaitun sudah banyak dikenal sebagai minyak esensial yang ramah pada kulit. Kandungan vitamin E yang dimilikinya dapat menutrisi sel kulit agar dapat tampil lebih cantik. Caranya juga mudah, yaitu mengkombinasikan minyak zaitun dengan lemon. Campur menjadi astu 1 sdm minyak zaitun dan air perasan 1 buah lemon. Setelah rata, oleskan campuran pada bagian kulit yang terbakar, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas bersih jika masih ada sisa yang mengganggu. Satu dari perawatan 5 cara alami memutihkan kembali kulit yang terbakar ini bisa Anda lakukan setiap hari.
4. Tepung Besan
Atau dikenal juga dengan chickpea flour, bisa Anda gunakan untuk mencerahkan wajahyang sudah terbakar oleh sinar matahari. Caranya, campurkan 2 sdm tepung besan dengan 2 sdm bubuk kunyit serta air perasan dari 1 buah lemon. Campur ketiga bahan hingga dapat membentuk adonan pasta. Gunakan ramuan ini setiap Anda mandi, di mana Anda sudah membasahi badan, lalu aplikasikan pasta pada bagian kulit yang belang atau gosong. Tunggu hingga pasta mengering, kemudian gosok-gosok dengan halus. Diamkan lagi selama 15 menit, kemudian bilas sampai bersih.
5. Tomat
Nah, buah yang satu ini memang sangat cocok untuk mengatasi kulit Anda yang terbakar. Hal ini berkat kandungan lycopene yang tinggi pada tomat, salah satu kandungan yang sangat efektif dalam mengurangi efek buruk dari sinar matahari sekaligus melindungi kulit Anda dari radiasi ultraviolet. Tomat dapat Anda gunakan sebagai pereda efek terbakar pada kulit baik dengan dikonsumsi langsung atau dijadikan masker. Sebuah penelitian bahkan menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi buah tomat setiap harinya akan memiliki resiko yang lebih kecil dalam terkena efek buruk sinar UV. Anda bisa mencampurkan 1 buah tomat yang sudah dihaluskan dengan air perasan lemon atau madu, lalu balurkan pada bagian yang gosong. Tunggu selama beberapa saat, lalu bersihkan dengan air.
Itulah tadi informasi mengenai 5 cara alami memutihkan kembali kulit yang terbakar. Semoga dengan informasi di atas, Anda dapat memperoleh kulit cerah dan indah Anda kembali setelah terbakar sinar matahari.

0 komentar:

Posting Komentar

Random Post

Popular Post