Home » » Cara Mengatasi Kulit Bersisik

Cara Mengatasi Kulit Bersisik


Salah satu permasalahan kulit yang banyak dialami adalah kulit yang kering. Kulit kering bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya faktor genetis, kekurangan cairan, atau kurang asupan nutrisi untuk kulit. Pada kasus yang lebih ekstrim, kulit kering bisa menimbulkan sisik. Ih! Jika sudah terlanjur mengalami ini, coba lakukan langkah perawatan mengatasi kulit kering bersisik berikut ini.
1. Menggunakan Pelembab
Pelembab adalah jawaban pertama yang memegang peranan penting dalam menjaga kelembaban kulit tubuh. Walaupun tubuh sudah memiliki sistemnya sendiri dalam mengganti sel kulit secara teratur, namun Anda juga perlu membantunya dengan menutrisi dan melembabkan kulit dengan lotion atau pelembab. Kulit kering yang bersisik biasanya disebabkan oleh sel kulit yang kurang mendapat nutrisi atau sel kulit mati yang menumpuk, dan untuk mengatasinya, gunakanlah pelembab. Terutama jika Anda banyak beraktivitas di ruangan ber-AC atau banyak terpapar sinar matahari, pelembab is an essential! Pilih yang memiliki kandungan Hyaluronic Acid, timun, alpukat atau aloe vera.
2. Lakukan Diet Seimbang
Rupanya apa yang Anda makan dapat memengaruhi kondisi kulit Anda. Mungkin salah satu penyebab dari kulit kering dan bersisik Anda adalah banyaknya asupan gula dan kurangnya asupan nutrisi untuk makanan kulit. Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan Anda dehidrasi, sehingga proses produksi kolagen alami terhambat. Kolagen ini sendiri adalah molekul penting yang ada pada kulit untuk memberikan efek halus, lembut dan kenyal. Maka dari itu, lakukan diet yang mengurangi makanan yang mengandung gula tinggi, serta mulailah mengonsumsi buah dan sayuran yang memiliki kandungan vitamin serta mineral baik untuk menutrisi kulit kering dan bersisik Anda.
3. Scrubbing dan Peeling
Penyebab kulit kering dan bersisik bisa jadi tumpukan sel kulit mati yang menghalangi pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan aktivitas mengangkat sel kulit mati, namun mandi biasa saja tidak cukup. Anda mungkin bisa menggunakan sikat mandi dengan bulu yang halus sehingga dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada tubuh dan mengatasi kulit kering bersisik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan scrubbing sekaligus peeling dengan lulur mandi khusus atau ramuan scrubbing yang bisa dibuat sendiri di rumah. Tujuan dari scrubbing dan peeling adalah untuk menyingkirkan sel kulit mati, sekaligus menutrisi kulit agar merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru dan lebih sehat.
4. Aplikasikan Pelembab Setelah Mandi
Mandi adalah aktivitas yang sebenarnya membersihkan kulit tubuh dari kotoran, keringat, bakteri dan kuman, namun mandi juga dapat mengambil minyak alami pada kulit tubuh sehingga kulit menjadi lebih kering. Maka dari itu, sebaiknya perhatikan aktivitas mandi Anda untuk segera menggunakan lotion atau pelembab setelah mandi. Hal ini untuk menghindari kulit yang kering dan bersisik setelah aktivitas mandi yang menggunakan sabun dan air. Tips lainnya adalah pilih sabun yang berbentuk gel atau cair agar menurunkan resiko kulit yang lebih kering setelah mandi. Sabun batang selain tidak higienis juga memiliki kandungan formula yang dapat membuat kulit lebih kering dibandingkan sabun cair atau gel. Pilih juga sabun yang mengandung zat pelembab tubuh seperti aloe vera, timun, lemon, atau alpukat.
5. Mandi Susu
Jika semua cara di atas sudah Anda lakukan dan belum juga menunjukkan hasil, mungkin Anda harus melakukan perawatan ekstra yang membutuhkan dana lebih besar, yaitu mandi susu. Mandi susu dianggap efektif dan terbukti dalam mengatasi kulit yang kering serta bersisik, karena susu dapat membuat kulit Anda lebih halus serta kenyal. Anda bisa berendam dalam air susu segar tanpa rasa atau plain, atau Anda juga bisa membuat ramuan susu berbentuk pasta yang lebih cair dan mengaplikasikannya pada kulit tubuh. Anda bisa memilih salah satu dari keduanya dan jangan lupa untuk melakukan langkah perawatan ini secara rutin hingga kulit Anda mendapatkan kelembabannya kembali.
Semoga dengan sederet informasi di atas, Anda dapat mengatasi kulit kering bersisik yang sudah banyak mengganggu Anda, ya!

0 komentar:

Posting Komentar

Random Post

Popular Post