Home » » Cara Mencegah Rambut Rontok Secara Alami

Cara Mencegah Rambut Rontok Secara Alami


Terdapat beberapa jenis permasalahan rambut yang dapat terjadi karena gaya hidup yang salah. Beberapa di antaranya adalah rambut kering yang bisa disebabkan penggunaan hair dryer berlebihan, rambut yang berkutu karena kondisi kulit kepala yang kotor, atau rambut yang rontok karena stress atau kurangnya nutrisi pada rambut. Namun jangan khawatir, sebelum hal ini terjadi pada Anda, simak saja beberapa langkah mencegah rambut rontok dengan bahan alami berikut ini.

1. Bawang Putih
Bumbu dapur yang satu ini ternyata selain dapat menyedapkan berbagai masakan, juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi rambut yang rontok. Kandungan yang berada di dalam bawang putih dapat memperbaiki struktur rambut agar mengurangi kerontokan. Caranya, haluskan bawang putih hingga halus dengan blender dan tambahkan air untuk mendapatkan tekstur seperti jus. Setelah itu, aplikasikan pada rambut terutama bagian yang rontok. Biarkan hingga semalam, lalu saat bangun di pagi hari, bilas hingga bersih. Jika ada, bersihkan bawang putih dengan keramas menggunakan shampo penumbuh rambut.

2. Jahe
Masih ada lagi bumbu dapur yang dapat membantu Anda mengatasi rambut yang rontok. Selain itu, jahe yang memiliki sifat anti bakteri dapat membersihkan rambut Anda dari kotoran serta bakteri yang tumbuh di kulit kepala. Rambut Anda pun akan semakin sehat dan indah. Caranya kurang lebih sama seperti bawang putih, yaitu haluskan jahe secukupnya hingga halus menggunakan blender, dan jika ada, tambahkan bawang putih untuk diblender bersama-sama. Tambahkan air untuk mendapatkan tekstur jus, lalu aplikasikan pada rambut Anda. Biarkan semalaman, lalu keramas untuk membersihkannya dengan shampo.

3. Teh Hijau
Jenis teh yang memiliki banyak kandungan anti oksidan ini dapat Anda gunakan sebagai perawatan untuk rambut yang rontok, lho. Selain mengurangi rambut yang rontok, teh hijau juga dapat merangsang pertumbuhan rambut untuk menjadikan rambut kembali tebal. Untuk cara perawatan dengan teh hijau, seduh 2 kantung teh hijau dengan sedikit air agar air teh menjadi kental, lalu aplikasikan teh hijau yang kental tadi pada seluruh permukaan kulit kepala dan helai rambut Anda. Biarkan hingga sekitar satu jam, lalu bersihkan dengan air. Teh hijau akan mengurangi rambut rontok, merangsang pertumbuhan rambut serta memperbaiki komponen rambut agar menjadi lebih sehat.

4. Lidah Buaya
Cara untuk mencegah rambut rontok yang berikutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman herbal berduri yang satu ini dapat Anda gunakan untuk mengatasi sekaligus mencegah rambut rontok. Ekstrak lidah buaya dapat Anda manfaatkan untuk mempercantik dan menjaga kesehatan rambut. Kandungan yang dimiliki lidah buaya dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak sekaligus meremajakan dan membentuk sel jaringan rambut yang baru dan tentunya lebih sehat. Untuk memperoleh rambut bebas rontok dengan lidah buaya, Anda akan membutuhkan 1 potong lidah buaya berukuran besar. Pertama, belah lidah buaya menjadi dua bagian, lalu ambil bagian dalamnya atau bagian dagingnya. Balurkan bagian daging lidah buaya tersebut pada rambut Anda, mulai dari bagian kulit kepala hingga ujung rambut. Setelah diaplikasikan secara merata, biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih.

5. Jeruk Nipis
Buah yang kaya akan vitamin C ini juga dapat memperbaiki rambut Anda yang rontok sekaligus mencegahnya datang lagi. Jeruk nipis yang kaya akan anti oksidan dapat memperkaya nutrisi pada rambut Anda agar terhindar dari rambut yang rontok. Anda hanya akan membutuhkan beberapa buah jeruk nipis. Caranya, iris beberapa buah jeruk nipis menjadi beberapa bagian, lalu usap-usapkan irisan jeruk nipis tersebut pada kulit kepala Anda. Setelah selesai diusapkan, biarkan selama beberapa menit atau sekitar 15 menit, lalu bilas dengan keramas hingga bersih. Oh iya, langkah ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe dan mengontrol minyak pada kulit kepala.
Itulah beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk cara mengatasi sekaligus mencegah rambut rontok. Hal yang terpenting adalah selalu menjaga kebersihan rambut dan menjaga agar rambut selalu ternutrisi dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Random Post

Popular Post