Home » » Tips Menghilangkan Kutu di Rambut dan Telurnya

Tips Menghilangkan Kutu di Rambut dan Telurnya

Tips Menghilangkan Kutu di Rambut dan Telurnya


Kutu rambut adalah salah satu hal paling mengerikan yang bisa terjadi pada rambut. Kutu rambut berasal dari kondisi rambut yang kotor, salah memilih produk rambut, kondisi tudung kepala yang kotor, serta ditularkan oleh orang lain. Namun jika sudah terlanjur kena, jangan cemas! Ikuti saja beberapa tips menghilangkan kutu di rambut dan telurnya berikut ini.

1. Menggunakan Serit
Serit merupakan suatu jenis sisir rambut, namun memiliki gigi sisir yang sangat rapat dan sangat kecil. Hal ini didesain agar serit dapat membawa serta apa pun yang menempel pada rambut tanpa dapat terlepas, karena barisan giginya yang sangat rapat. Serit merupakan salah satu metode manual dan dapat dilakukan sebagai langkah pertama untuk mengusir kutu beserta telurnya dari rambut Anda. Pertama, sisirlah terlebih dulu rambut Anda dengan sisir biasa agar lebih halus dan tidak kusut saat menggunakan serit. Setelah itu, aplikasikan terlebih dulu cuka putih yang sudah dipanaskan pada rambut, lalu sisir rambut menggunakan serit. Penggunaan cuka dimaksudkan agar telur kutu yang menempel pada rambut Anda menjadi mudah terlepas. Gunakan serit selama beberapa waktu hingga sudah tidak ada lagi kutu atau telur kutu yang terlepas.

2. Menggunakan Obat Kimia
Selain serit, salah satu cara yang paling populer untuk mengentaskan permasalahan kutu pada rambut adalah dengan menggunakan obat kimia. Salah satu obat kimia yang paling terkenal dan terbukti ampuh adalah Peditox. Obat kimia ini mengandung beberapa bahan aktif seperti insektisida berupa piretroid. Jenis insektisida ini mampu mengganggu sistem saraf pada serangga, termasuk kutu rambut. Hal inilah yang kemudian dapat membunuh kutu rambut sekaligus mematikan telur-telur kutunya. Walaupun terlihat praktis, namun jika Anda memilih cara ini, Anda harus melakukannya selama berulang-ulang dan tentunya secara rutin. Lakukan pengobatan ini selama seminggu atau 10 hari setiap dua hari sekali (agar tidak merusak rambut) dan lihat hasilnya.

3. Menggunakan Cuka Putih
Untuk tips menghilangkan kutu di rambut dan telurnya yang ketiga, gunakan cara alami yaitu dengan cuka putih. Jika Anda merasa kurang aman dan takut mengalami iritasi saat menggunakan obat kimia, Anda bisa melakukan langkah alami ini. Selain untuk memberi cita rasa pada sejumlah masakan, cuka putih dapat Anda gunakan untuk mengentaskan kutu dan telur pada rambut Anda. Cuka putih dapat Anda gunakan untuk melonggarkan telur kutu agar mudah lepas dari rambut. Selain itu, cuka putih dengan kandungan antiseptiknya dapat melawan kotoran, bakteri dan jamur pada kulit kepala dan rambut, termasuk kutu. Caranya, cukup aplikasikan cuka putih yang sudah dipanaskan sebentar pada seluruh permukaan kulit kepala Anda. Basahi juga rambut Anda dengan cuka putih. Setelah itu, tutup kepala Anda dengan shower cap selama kurang lebih 30 menit agar cuka putih dapat bekerja. Kemudian, lepas shower cap dan sisir rambut menggunakan serit, lalu bilas hingga bersih dengan shampo.

4. Menggunakan Minyak Kayu Putih
Selain cuka putih, Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih yang dikombinasikan dengan jeruk nipis. Langkah pertama, campurkan 2 sdm minyak kayu putih dengan air perasan jeruk nipis secukupnya. Aduk kedua bahan tadi hingga rata, lalu aplikasikan campuran tersebut pada seluruh permukaan kulit kepala sambil dipijat dengan lembut. Setelah diaplikasikan, biarkan hingga beberapa menit. Tutup kepala dengan shower cap dan diamkan hingga 1 jam agar minyak kayu putih bekerja. Setelah 1 jam, bersihkan kulit kepala Anda hingga bersih dengan shampo. Setelah bersih dan kering, sisir rambut Anda dengan serit. Lakukan pengobatan ini selama beberapa kali seminggu hingga rambut Anda terbebas dari kutu dan telurnya.
Semoga beberapa tips menghilangkan kutu di rambut dan telurnya di atas dapat bermanfaat bagi Anda. Ingat ya, jika sudah hilang, jangan lupa untuk menjaga kebersihan rambut serta tidak salah dalam memilih produk rambut.

0 komentar:

Posting Komentar

Random Post

Popular Post