Home » » Cara Mengatasi Ambeien Secara Komplit

Cara Mengatasi Ambeien Secara Komplit

jika waktu berak dan ternyata dari anus Anda ada darah yang keluar, maka kemungkinan terbesar yang ada dalam benak Anda adalah Anda mencurigai hal itu sebagai akibat dari ambeien atau wasir. Upss tunggu dulu belum tentu itu itu adalah gejala ambeien, karena dapat dimungkinkan juga terjadi karena sebab penyakit lain. Namun untuk memastikan hal itu periksakanlah diri Anda ke dokter secepatnya, sehingga dapat didiagnosa penyebab sebenarnya. Jika keluhan tersebut positif maka cara mengatasi ambeien ada tiga langkah, yaitu mengubah gaya hidup, mengkonsumsi obat-obatan, atau melalui prosedur pembedah.


Untuk mengobati wasir, langkah-langkah tersebut dapat diambil dan dipilih salah satunya, bahkan sampai ketiga-tiganya tergantung tingkat keparahannya.

Cara Mengatasi Ambeien Dengan Merubah Gaya Hidup.

Cara mengatasi ambeien dengan merubah gaya hidup akan dapat meringankan gejala, peradangan dan pembengkakan pada ambeien yang masih pada tingkat ringan saja. Adapun caranya antara lain seperti:
Obat wasir. Biasanya obat yang dipakai untuk mengatasi wasir pada tingkat ini adalah obat yang berbentuk peluru dan dimasukkan ke anus yang di dalamnya mengandung hidrokortison atau witch hazel yang berguna untuk mematikan rasa sakit.
Air hangat. Merendam anus menggunakan air hangat selama 10 – 15 menit minimal dua kali dalam sehari terbukti efektif mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh ambeien.
Membersihkan anus. Bersihkanlah daerah anus Anda ketika mandi menggunakan air hangat (jangan pakai sabun karena akan memperparah rasa nyeri).
Tisu basah. Apabila selesai BAB, maka bersihkanlah anus Anda memakai tisu basah yang tidak ada kandungan alkohol dan parfum (jangan memakai tisu kering).
Air dingin. Air dingin dapat juga Anda gunakan untuk mengurangi pembengkakan pada daerah anus akibat wasir, yaitu dipakai dengan cara dikompreskan.
Obat anti nyeri. Gunakanlah parasetamol, aspirin atau ibuprofen untuk membantu meringankan gejala rasa sakit pada ambeien.
Dengan melakukan perawatan seperti di atas maka gejala ambeien dapat berkurang dalam waktu seminggu. Jika sampai seminggu tidak membaik maka periksakanlah ke dokter dengan segera.

Cara mengatasi ambeien dengan obat-obatan.

Jika cara mengatasi ambeien menggunakan obat yang mengandung witch hazel atau hidrokortison seperti di atas tidak juga menunjukkan perbaikan dalam waktu seminggu, maka jangan diterus-teruskan alias hentikan karena justru dapat memperparah kecuali dengan petunjuk dokter.
Jika gejala ambeien ringan terjadi terus menerus maka umumnya pada tingkat ini benjolan akan membentuk semakin besar, parah dan lebih menyakitkan. Untuk dapat mengatasi hal ini, biasanya dokter akan melakukan serangkaian prosedur untuk mengurangi gejalanya, di antaranya:
Ligasi. Yaitu sayatan sederhana pada gumpalan wasir yang dapat menimbulkan pendarahan ringan yang terjadi 2-4 hari.
Suntikan. Yaitu menyuntikkan larutan kimia tertentu ke dalam jaringan wasir agar benjolannya dapat menyusut.
Koagulasi, yaitu penggunaan inframerah , laser atau bipolar yang dapat membuat benjolan ambeien mengecil dan menyusut.

Cara mengatasi ambeien melalui prosedur bedah.

Jika ternyata semua cara di atas tidak juga memberikan hasil yang menggembirakan dan benjolan semakin membesar maka prosedur terakhir sebagai cara mengatasi ambeien adalah dengan melakukan pembedahan.
Pembedahan atau operasi dapat ditempuh dokter dengan membuang jaringan berlebih/ benjolan, yang mana terlebih dahulu diawali dengan pembiusan lokal dan dapat juga dikombinasikan dengan bius umum sehingga ketika prosedur berjalan pasien tidak merasakan sakit.
Cara mengatasi ambeien melalui prosedur bedah merupakan langkah paling efektif untuk mengobati wasir parah atau wasir yang terjadi secara berulang-ulang . Efek samping yang mungkin terjadi pada operasi ini adalah susah buang air kecil untuk sementara waktu dan infeksi pada saluran kemih yang tidak terlalu mengkhawatirkan. Adapun rasa nyeri yang muncul akibat operasi ini dapat diatasi dengan berbagai obat-obatan penghilang rasa sakit.

0 komentar:

Posting Komentar

Random Post

Popular Post