Home » » Makanan Dan Minuman Yang Membuat Fokus

Makanan Dan Minuman Yang Membuat Fokus

Fokus merupakan salah satu hal yang diperlukan oleh semua kalangan lintas usia. Remaja, dewasa bahkan kaum lansia tentu ingin tetap memiliki fokus yang baik. Menariknya, ada beberapa makanan yang terbukti dapat membuat Anda kembali fokus. Apa saja kiranya? Ini dia beberapa diantaranya!
Yang pertama mungkin sesuai dengan tebakan Anda. Kopi! Minuman beraroma kental ini memang dikenal sebagai salah satu minuman pendongkrak fokus seseorang. Namun tahukah Anda bahwa terkait hal ini, kopi yang dipadu dengan sedikit kayu manis dapat mendongkrak tingkat fokus seseorang? Menrujuk pada hasil studi yang dilakukan di tahun 2009 yang lalu, aroma rempah yang satu ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan menurunkan level frustasi seseorang.
Selanjutnya ada teh hijau. Minuman tradisional yang tersohor di berbagai belahan dunia ini ternyata memiliki memiliki kandungan L-theanine. Sebuah asam amino yang mampu meningkatkan gelombang alpha otak yang berhubungan dengan relaksasi dan tingkat fokus seseorang. Selain itu jenis teh lain yaitu peppermint tea. Meski tanpa kafein sekalipun ternyata citarasa minuman peppermint tea dapat menimbulkan rasa gembira pada otak. Hasil studi menunjukkan bahwa aroma peppermint dikaitkan dnegan penurunan kecemasan dan kelelahan serta meningkatkan motivasi dan kinerja orang.
Buah Berry
Buah Berry pixabay
Menariknya lagi, ternyata aroma lemon juga ditengarai dapat meningkatkan kinerja pada orang yang membutuhkan banyak konsentrasi dalam menjalani hari-harinya. So, air dan tambahan lemon juga dapat dijadikan alternatif menarik untuk meningkatkan ataupun mengembalikan fokus Anda! Satu lagi, ada buah bit. Buah yang mengandung nitrat ini di dalam tubuh akan diubah menjadi nitrit yang bermanfaat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak.
Beralih ke makanan, ternyata sarapan yang tepat merupakan salah satu bagian terpenting yang wajib diperhatikan oleh semua pihak. Karena itu usahakan Anda untuk mengisi perut di pagi hari dengan menu sehat favorit Anda. Karena akan menjauhkan seseorang dari efek lapar, maka sarapan juga bermanfaat untuk menjaga daya fokus Anda sejak pagi hari.
Selain itu menurut beberapa studi, ternyata buah berry ditengarai mampu meningkatkan konsentrasi dan memory hingga 5 jam kemudian. Ini artinya kabar baik bukan? Antioksidan yang terkandung dalam buah berry dapat meningkatkan aliran darah ke otak yang tidak lain juga berarti dapat meningkatkan aliran oksigen ke otak. Hal ini menyebabkan Anda akan merasa lebih mudah mengerjakan suatu pekerjaan. Jika menginginkan manfaatnya, tinggal tambahkan saja pada menu makan Anda. Selain kerap dijadikan toppng oatmeal, berry juga lezat dicampurkan dalam salad buah.
Dark Chocolate
Dark Chocolate pixabay
Terakhir ada dark chocolate ataupun bubuk cokelat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dark chocolate memang terbukti mampu meningkatkan aliran darah ke otak. Selain itu konsumsi sekitar 1/3 ons dark chocolate ternyata dapat membantu melindungi seseorang dari kehilangan memori yang berkaitan dengan usia. Selain itu cokelat juga dapat mengeluarkan neurotrannsmitter dari otak yang tidak lain merupakan bahan kimia yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

0 komentar:

Posting Komentar

Random Post

Popular Post