Home » » Kanker Mulut Rahim Yang Harus Di Waspadai Para Wanita

Kanker Mulut Rahim Yang Harus Di Waspadai Para Wanita

Kanker Mulut Rahim Yang Harus Di Waspadai Para Wanita

Kanker mulut rahim mempunyai istilah lain yaitu kanker serviks atau kanker leher rahim. Apapun namanya yang jelas penyakit ini adalah momok pembunuh nomor satu bagi wanita. Oleh karena itu melakukan berbagai tindakan pencegahan merupakan langkah tepat dan cerdas agar tidak terkena ancaman dari bahaya penyakit mematikan ini. Untuk dapat melakukan langkah pecegahan tersebut secara tepat maka langkah pertama yang mesti dilakukan adalah dengan mengetahui hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan timbulnya kanker leher rahim.


Mengetahui berbagai penyebab kanker mulut rahim yang terjadi pada seorang wanita.

Penyebab kanker pada mulut rahim sama halnya dengan penyebab pada kanker-kanker lainnya, yaitu disebabkan oleh tumbuhnya sel-sel yang tidak normal. Normalnya, sel-sel akan tumbuh dan mati di dalam mulut rahim semuanya berdasarkan kontrol tubuh, dalam hal ini otak. Namun dimungkinkan karena pengaruh tertentu, sel-sel tersebut menjadi tidak wajar lagi dan tumbuh tidak terkontrol serta tidak terkendali yang akhirnya menjadilah kanker mulut rahimyang mematikan. Di samping tumbuh di mulut rahim, sel-sel ini dapat juga menyebar dan menyerang organ tubuh terdekat lainnya, bahkan kemudian sel-sel tersebut dapat memisahkan diri dari induknya.
Secara pasti penyebab kanker mulut rahim sampai saat ini masih belum jelas. Namun, yang paling dicurigai sebagai penyebabnya adalah infeksi virus penyakit menular seksual, yaitu HPV (Human Papilloma Virus). Walaupun banyak wanita terkena HPV tidak berkembang menjadi kanker serviks, namun jika didukung faktor lain seperti genetik, lingkungan, atau gaya hidup maka potensi terkena kanker ini lebih besar.

Cara mencegah terserang penyakit kanker mulut rahim pada seorang wanita.

Kanker mulut rahim itu bisa dihindari atau dicegah lho!. Bagi Anda para wanita hendaknya melakukan berbagai upaya berikut agar dapat mengurangi potensi terkena atau bahkan bisa juga untuk benar-benar menghindarinya. Cara-cara tersebut terdiri dari:
  • Pakailah pengaman dalam berhubungan seksual, dalam hal ini kondom agar tidak tertular HPV.
  • Menghindari hubungan seksual dilakukan di usia terlalu muda.
  • Hindari berhubungan badan dengan banyak pasangan.
  • Rokok dapat memicu tumbuhnya berbagai kanker. So, hindari kebiasaan merokok.
  • Dapatkanlah vaksinasi HPV sejak dini.
Vaksin HPV dapat melindungi perempuan dari bahaya penyakit seksual menular, yang mana penyakit ini dimungkinkan dapat berkembang menjadi kanker leher rahim. Vaksin ini bisa diberikan pada perempuan usia 9 -26 tahun. Dan yang paling tepat diberikan ketika ia akan aktif kebutuhan seksualnya.
Adapun bagi laki-laki, ia pun juga dapat menerima vaksin HPV untuk menghindari terkena penyakit kanker penis, kanker dubur atau kutil pada kelamin. Secara tidak langsung, seorang laki-laki yang mendapatkan vaksinasi ini akan membantu melindungi pasangannya dari serangan HPV yang dicurigai sebagi penyebab kanker mulut rahim.
Ada satu upaya lagi yang dapat dilakukan dalam rangka menghindari bahaya kanker mulut rahim yang sering terjadi pada wanita, yaitu dengan rutin melakukan pemeriksaa Pap Smear.
Dengan melakukan pemeriksaan ini di berbagai rumah sakit terdekat, maka Anda dapat mendeteksi kemungkinan kondisi pra kanker serviks yang ada di tubuh Anda serta dapat lebih cepat menindaklanjuti, yaitu dengan menerapkan berbagai terapi pencegahannya. Banyak para dokter saat ini menganjurkan kepada para wanita untuk rutin melakukan tes Pap smear sejak usia 21 tahun dan mengulanginya setiap beberapa tahun sekali.

0 komentar:

Posting Komentar

Random Post

Popular Post