Home » » Mencegah Diabetes Melitus Sejak Dini Secara Tepat

Mencegah Diabetes Melitus Sejak Dini Secara Tepat

Seseorang yang menderita diabetes dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor genetik atau keturunan. Namun begitu faktor penerapan gaya hidup yang tidak baik juga memiliki peran besar mempengaruhinya, oleh sebab itu penting bagi kita untuk mengetahui cara mencegah diabetes sejak dini.



Adapun faktor gaya hidup yang cukup berperan mempengaruhi diabetes diantaranya adalah kurang olahraga, kelebihan berat badan, terlalu sering konsumsi makanan rendah serat, merokok serta mengkonsumsi alkohol.

Cara mencegah diabetes mellitus dengan penerapan gaya hidup sehat.

Cara mencegah diabetes dengan melakukan perubahan gaya hidup lebih sehat dapat menurunkan kemungkinan seseorang terkena penyakit diabetes atau kencing manis. Tidak itu saja, dengan penerapan teknik ini Anda pun dapat terhindar dari kemungkinan terserang penyakit berbahaya lainnya, seperti jantung dan beberapa jenis kanker.
Menjaga berat badan tetap ideal.
Di antara beberapa faktor yang paling sering berkembang menjadi diabetes adalah kelebihan berat badan. Bahkan berdasan hasil penelitian ditemukan fakta bahwa seseorang dengan berat badan berlebih berisiko tujuh kali lipat terkena diabetes tipe dua. Kelebihan berat badan juga membuat seseorang 20 bahkan sampai 40 kali lebih mungkin terkena diabetes dibandingkan orang yang memiliki berat badan ideal.
Aktifitas fisik cukup.
Cukup melakukan aktifitas fisik setiap hari dapat mencegah seseorang terkena diabetes. Hal ini terjadi karena otot yang terbiasa bekerja keras akan meningkatkan kemampuan insulin untuk menyerap glukosa dalam tubuh.
Aktifitas cukup setiap hari dapat kita lakukan di antaranya dengan berjalan cepat, berlari, berenang atau bersepeda selama setengah jam. Aktifitas fisik seperti ini berdasarkan keterangan beberapa ahli kesehatan efektif menurunkan risiko terkena diabetes sebesar 30%.
Matikan televisi.
Cara mencegah diabetes selanjutnya adalah dengan menghindari terlalu lama menonton televisi. Karena hal ini berkontribusi meningkatkan risiko diabetes akibat keengganan melakukan aktifitas fisik. Rata-rata dalam sehari seseorang menghabiskan waktunya dua jam untuk menonton TV. Umumnya mereka juga menjadi malas berolahraga sehingga kemungkinan terkena diabetes meningkat sekitar 20%. Kebiasaan ini di samping meningkatkan risiko diabetes juga meningkatkan kemungkinan penyakit jantung hingga 15% dan kematian dini sebanyak 13%.
Makan makanan sehat.
Adapun cara menghindari diabetes dengan penerapan pola makan sehat adalah dengan menerapkan empat perubahan pola makan, di antaranya yaitu:
  • Konsumsi sayuran, buah dan biji-bijian. Konsumsi biji-bijian akan melindungi tubuh dari bahaya diabetes, sedangkan makanan kaya karbohidrat justru meningkatan risiko diabetes. Buah-buahan dan sayuran (makanan kaya serat) serta biji-bijian dapat membuat enzim pencernaan kita lebih sulit memecah makanan tersebut menjadi glukosa. Jika hal ini terjadi maka kadar gula darah naiknya akan perlahan-lahan dan membantu meringankan produksi insulin sehingga sangat efektif mencegah diabetes.
  • Hindari minuman manis. Minuman manis mengandung beban glikemik tinggi dan dapat meningkatkan risiko diabetes. Maka dari itu, untuk menghindari kencing manis, ketika Anda meninginkan minuman tersebut, maka buatlah jus buah, teh atau kopi dengan campuran sedikit gula, dan jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih.
  • Lemak baik. Lemak baik dapat menghindarkan kita dari risiko diabetes, contoh lemak baik adalah lemak tak jenuh ganda yang dapat kita temukan di dalam minyak sayur cair, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak ikan. Sebaliknya lemak trans berefek sebaliknya, contohnya seperti lemak yang terdapat pada goreng-gorengan, margarin, rendang, makanan bersantan serta makanan yang digoreng di restoran-restoran cepat saji.
  • Batasi konsumsi daging merah. Konsumsi makanan dari daging merah seperti babi, sapi, domba dapat meningkatkan kemungkinan terkena diabetes. Untuk mensiasati hal ini maka makanan tersebut dapat kita ganti dengan olahan dari kacang-kacangan, susu rendah lemak, unggas, ikan atau biji-bijian karena makanan tersebut mengandung protein tinggi tidak kalah dengan daging merah dan dapat menurunkan risiko diabetes hingga 35%.
Berhenti merokok.
Mengacu pada rilis yang dikeluarkan lembaga kesehatan baik skala internasional maupun regional diketahui bahwa merokok dapat meningkatkan risiko diabetes sampai 50%, apalagi jika Anda adalah perokok berat, maka perlu mewaspadainya!.
Mengurangi konsumsi alkohol.
Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah moderat – maksimal satu gelas tiap hari untuk wanita dan dua gelas setiap hari untuk pria dapat menurunkan kemungkinan terkena diabetes tipe 2.
Bagi Anda peminum alkohol, yang perlu diingat adalah jaga konsumsi dalam kisaran moderat, karena jumlah yang lebih banyak justru meningkatkan risiko diabetes. Nah bagi Anda yang saat ini bukanlah peminum alkohol, maka tidak disarankan untuk memulainya, karena langkah terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah diabetes adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal, rajin berolahraga dan merubah pola makan menjadi lebih sehat.
Mengontrol tekanan darah.
Cara mencegah diabetes dengan menjaga tekanan darah tetap normal dapat kita lakukan dengam rutin berolahraga, diet seimbang dan menjaga berat badan tetap ideal.
Rutin memeriksakan diri ke dokter.
Jika usia Anda beranjak tua, maka rutin memeriksakan diri ke dokter merupakan ide yang tepat untuk mengontrol kadar glukosa darah, tekanan darah dan kolesterol darah tetap normal.
Itulah tadi beberapa cara mencegah diabetes yang dapat Anda lakukan sejak dini. Semoga tetap sehat

0 komentar:

Posting Komentar

Random Post

Popular Post