Home » » Penyebab Flu dan Cara Efektif Mencegahnya

Penyebab Flu dan Cara Efektif Mencegahnya

Penyakit flu dan pilek itu sebenarnya merupakan dua penyakit yang berbeda. Mungkin Anda bingung untuk membedakan dua penyakit ini, karena gejala yang muncul sangatlah mirip. Namun begitu tetap saja dapat dibedakan, karena pada dasarnya penyebab flu dan pilek itu tidak sama.


Jenis virus yang menjadi penyebab influenza berbeda dengan pilek biasa. Penyakit pilek memiliki banyak penyebab bahkan yang teridentifikasi lebih dari 100 jenis virus penyebab, sedangkan penyakit flu hanya terjadi akibat infeksi virus influenza tipe A, B (flu berat) dan C.
Virus influenza tipe A dan B-lah yang dominan menyebabkan penyakit flu. Sedangkan virus influenza tipe C lebih stabil dan umumnya hanya mengakibatkan gangguan sistem pernafasan ringan. Hingga sekarang jenis vaksin influenza hanya optimal melindungi seseorang dari virus tipe A dan tipe B, sedangkan pada virus tipe C sama sekali tidak efektif.

Memahami penyebab flu dan cara penularannya.

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa Penyebab flu adalah akibat infeksi virus, yang mana virus ini sangatlah mudah menginfeksi orang lain alias mudah menular. Penularannya sendiri umumnya melalui pernafasan atau kontak langsung. Yaitu ketika penderita batuk/bersin menghembuskan tetesan cairan yang mengandung virus kemudian terhirup orang lain. Atau bisa juga virus tersebut mencemari benda-benda lain di sekitar kemudian terpegang dan terhirup atau tertelan orang lain bersama makanan.
Oleh sebab itu penting sekali bagi kita menjaga kebersihan dan mencuci tangan sebelum makan agar virus tersebut tidak masuk baik melalui hidung, mata atau mulut.
Virus influenza hanyalah mengifeksi bagian mukosa saluran pernafasan saja, karena di sanalah tempat yang paling cocok untuk mereka berkembang biak.

Penyebab flu paling sering terjadi pada musim dingin.

Virus penyebab flu paling sering mewabah adalah pada musim dingin. Hal ini dapat terjadi dikarenakan beberapa factor pendukung, dan berikut merupakan ulasannya:
  • Virus penyebab flu dapat bertahan lebih lama pada ruangan karena didukung musim dingin yang mengakibatkan kelembaban udara relatif rendah dibandingkan di luar ruangan.
  • Virus influenza yang berada di udara pada saat dingin pun juga dapat bertahan lebih lama untuk menulari orang lain yang menghirup.
  • Kecenderungan seseorang pada musim dingin adalah berada di dalam ruangan, hal inilah yang kemudian mempermudah seseorang terkena flu dan menularkan virus flu ke sesama anggota keluarga.

Beberapa langkah untuk mencegah inveksi influenza.

Dari pembahasan di atas mengenai penyebab flu dan cara penularannya, saya yakin Anda sudah dapat menduga-duga mengenai cara pencegahannya. Ya, cara mencegah infeksi virus influenza adalah dengan cara menjaga kebersihan diri dan mendapatkan vaksinasi.
Kebersihan diri.
Agar penyebaran virus influenza ini dapat kita tekan maka kita mesti membiasakn diri mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Menghindari menyentuh berbagai organ di kepala seperti mulut, hidung, mata, dan wajah sebelum mencuci tangan terlebih dahulu.
Bersihkan pula secara teratur permukaan benda-benda yang mungkin tercemar seperti telepon, gagang pintu dan keyboard komputer.
Tutup mulut atau hidung menggunakan tisu ketika batuk/ bersin dan jangan lupa untuk segera membuangnya ke kotak sampah. Serta jaga jarak Anda dengan orang lain.
Vaksin influenza.
Dengan melakukan vaksinasi flu tahunan akan membantu Anda mengurangi risiko terkena flu setiap tahunnya. Walaupun hal ini tidak 100% efektif karena tidak semua jenis virus influenza dapat dicegah oleh vaksin ini tetapi cara ini efektif mengurangi risikonya.
Itulah tadi penjelasan singkat tentang penyebab flu dan cara pencegahannya agar kita tidak tertular.

0 komentar:

Posting Komentar

Random Post

Popular Post